oleh

1 dari 5 Kawanan Pencuri Tandan Buah Sawit Diamankan Polsek Cirenti

Kuansing, mitrabhayangkara.com  – Polsek Cerenti beserta Jajaran Polres Kuansing lakukan pengejaran terhadap empat orang dari lima orang diduga pelaku tindak pidana pencurian buah sawit di lahan perkebunan milik PT. Warna Jingga Timur (WJT).

Sementara satu orang dari kawan diduga pelaku pencurian buah sawit tersebut, sudah diamankan pihak Polsek Cerenti, yang sebelumnya berhasil ditangkap Satpam PT. WJT saat melakukan patroli rutin di Blok F 26 Divisi III perkebunan sawit perusahaan.

Diketahui, satu dari lima kawanan diduga pelaku pencurian buah sawit milik PT. WJT tersebut, berinisial SAB sudah diamankan di Mako Polsek Cerenti.

Kapolres Kuansing, AKBP. Rendra Oktha Dinata, S.I.K., M.Si melalui Kapolsek Cerenti, AKP. Wan Mantazakka, S.H, membenarkan kepada awak media, Sabtu (25/9/2021) malam.

“Upaya pengembangan sudah kita lakukan semalam, diduga pelaku berinisial SUR dan RON, namun mereka (pelaku,red) sudah meninggalkan rumah masing – masing alias kabur melarikan diri,”terang Kapolsek Cerenti.

“Sampai saat ini, kedua terduga pelaku yang sudah melarikan diri tersebut, masih terus kita selidiki keberadaannya beserta dua orang pelaku lainnya,” jelas Kapolsek.

Dari keterangan terduga pelaku berinisial SAB, yang saat ini sudah diamankan tersebut, dirinya melakukan pencurian bersama empat orang temannya, yakni Sur, Ron, Ant dan Sut.

“Sesuai keterangan diduga pelaku SAB, buah sawit hasil curian ini dijual kepada seorang pembeli atau penadah berinisial GAT, dan hal ini diakuinya sudah tiga kali,” papar Kapolsek AKP Wan Mantazakka.

Penangkapan terhadap terduga pelaku pencurian buah sawit milik PT. WJT tersebut, dilakukan saat petugas Satpam perusahaan tengah melaksanakan patroli rutin, Jum’at (24/09/2021) lalu, sekitar pukul 01.30 WIB, dengan mengendarai mobil patroli menjumpai adanya aktifitas pencurian dilahan perkebunan sawit milik PT. WJT.

“Saat penangkapan dilakukan, empat pelaku yang merupakan kawanan pencuri SAB Cs ini berhasil kabur dan melarikan diri. Beruntung, tiga orang Satpam yang tengah bertugas ini berhasil mengamankan satu orang pelaku berinisial SAB tersebut,” terang Kapolsek.

Atas kejadian tersebut, bersama satu orang diduga pelaku pencurian buah sawit berhasil diamankan sejumlah barang bukti, yakni sebanyak 4 ton lebih tandan buah sawit yang sudah dimuat ke dalam bak mobil dump truck berwarna kuning, satu unit angkong, dan egrek alat yang digunakan pelaku untuk memanen atau mengambil buah sawit tersebut.

“Semua barang bukti sudah diamankan di Mako Polsek Cerenti, dan saat ini pihak kita masih melakukan penyelidikan dan berupaya melakukan pengejaran terhadap keberadaan terduga pelaku lainnya,” tegas AKP. Wan Mantazakka.

 

Penulis : M. Saragih

Editor   : Spy

News Feed