oleh

2 Anggota KKB Tewas saat Kontak Senjata di Areal PT Freeport, Ini Identitas Pelaku

Timika, mitrabhayangkara.com – Polisi memastikan dua orang yang tewas dalam kontak senjata di areal PT Freeport merupakan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB). Mereka yakni Ferry Ellas (35) dan Heri Yakob Newegalem (26).

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata mengatakan, kedua pelaku ini dipastikan anggota KKB setelah anggota melakukan identifikasi terhadap jenazah.

Mulai dari wajah hingga atribut pelaku mirip dengan DPO KKB.

“Ditemukan kemiripan antara jenazah pelaku dengan foto Ferry Ellas. Dari atribut yang digunakan pelaku baik pakaian, jam, kalung, anting, postur tubuh dan wajah,” kata AKBP Adhinata di Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (2/3/2021).

Namun KKB melalui keterangan juru bicara tentara pembebasan nasional Papua Barat (TNPB) Sebby Sambon menyebut korban tewas merupakan remaja yang berusia 17 tahun. Kabar tersebut dipastikan hoaks. KKB sengaja ingin memunculkan kesan negatif terhadap personel TNI-Polri dengan cara memprovokasi warga.

Justru kabar bohong ini menunjukkan bahwa KKB telah tega mendoktrin anak di bawah umur untuk mengikuti jejak mereka.

“Sudah banyak informasi dari masyarakat Papua mengenai intimidasi KKB. Salah satunya mengajak para remaja bergabung dengan mereka,” ujarnya.

Sebelumnya sempat terjadi kontak senjata antara TNI-Polri dan KKB di areal PT Freeport pada Minggu (28/2/2021). Saat itu aparat keamanan gabungan sedang patroli, lalu diserang dengan tembakan oleh sejumlah orang, anggota KKB kelompok Joni Botak.

 

Sumber : iNews.id

Editor     : spy

News Feed