oleh

30 Ormas Hadiri FGDOD  di Hotel Kapuas Place  Pontianak

Pontianak, mitrabhayangkara.com – Focus Group Discussion Ormas Dayak (FGDOD) Kalimantan Barat, dihadiri sebanyak 30 ormas,  Rabu (21/10/2020), pukul 09.00 WIB, di Hotel Kapuas Place dengan thema: “Komitmen Ormas Dayak dalam mewujudkan Pilkada yang sehat, aman dan damai di Propinsi Kalimantan Barat”.

FGD diawali dengan sambutan dari ketua umum Dewan Adat Dayak, Jakios  Sinyor dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Kakesbang Linmas-Pol Kalbar.

Dikatakan Ketua DAD,  kegiatan ini dihadiri 30 ormas dan berharap agar simbol-simbol Dayak, jangan dijadikan simbol-simbol politik.

Kita tidak boleh terlibat politik praktis. Tapi kita tidak apatis dengan politik. Kita arahkan anak-anak muda kita, beri wawasan berpolitik dan berdemokrasi, pesannya.

“Harapan saya nanti, kita jangan ribut, mau demo, silahkan, tapi jangan merusak, karena di situ ada uang rakyat. Serta ada 3 komitmen orang Dayak, yaitu : pertama skli dayak, dia tetap dayak apapun agamanya. Kedua, orang dayak harus mampu berbahasa daerah, nah disitulah kita mampu mempertahankan budaya dan terakhir, menjunjung tinggi budaya dan adat, ungklapnya.

Terakhir ada komitmen dari FGD ini, yakni sehat itu tadi. Karena corona itu kita gak tau dimana, tapi dia kecil dan berbahaya. Ikuti protokol kesehatan, cuci tangan dan kita bantu aparat keamanan dalam melaksanakan tugas Pilkada di 7 kabupaten di Kalbar, katanya.

Sementara, Drs. Hermanus, Kepala Badan Kesbangpol  Kalbar, yang membuka FGD mewakili Gubernur, dalam sambutannya, berharap agar masing – masing pihak ikut berpartisipasi mensukseskan Pilkada serentak.

Dan kedepannya, pada tahun 2024, akan semakin banyak Pilkada serentak di seluruh provinsi di Indonesia, dan semakin banyak juga masalah yang ada, katanya.

Kemarin saja banyak petugas-petugas yang meninggal karena kecapean, apalagi nanti pada Pilkada 2024, ujarnya.

Masih katanya, pihaknya menyambut baik kegiatan ini, terutama ormas agar menjaga netralitas.

Kita memiliki tugas tanggung jawab, mensosialisasikan Pilkada 2020 ini. Dan saya juga mengharapkan agar  FGD dapat berjalan dengan baik dan pemahaman-pemahaman kita dalam Pilkada dapat lebih baik, harapnya.

Kegiatan ini menghadirka tiga pemateri, yakni, DR Yulius Yohanes (Dosen Untan), membawa materi  tentang “Netralitas Ormas”.

Narasumber kedua, Drs Hermanus M.Si, Kepala Kesbangpol, membawa materi tentang materi dukungan Kesbangpol Kalbar dalam mewujudkan Pilkada

damai.

Lalu pemateri 3, yaitu, Krisantus Heru Siswanto, membawa materi “Mewujudkan Pilkada Berintegritas di Kalbar”.

 

Penulis : SS

Editor : Spy

News Feed