oleh

Banjir Rendam 427 Rumah Warga di Medan

Medan, mitrabhayangkara.com – Sebanyak 427 rumah warga di dua kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), terendam banjir, Jumat (12/11/2021).

Banjir dengan ketinggian sekitar 30 cm hingga 160 cm mulai memasuki ke pemukiman warga di pinggiran Sungai Deli dan Sungai Babura, pada Kamis 11 November 2021 malam.

Manager Pusdalops BPBD Medan Ronald P Sihotang mengatakan, penyebab banjir karena intensitas hujan yang tinggi ditambah debit air yang cukup besar dari hulu.

“Mengakibatkan kenaikan tinggi muka air Sungai Deli  dan Sungai  Babura yang menggenangi pemukiman warga,” ungkapnya.

Saat ini jumlah keseluruhan rumah warga yang terdampak banjir berada di  dua kecamatan, yakni Kecamatan Medan Johor, dan Medan Maimun.

“Jumlah keseluruhan terdampak banjir 427 rumah, 680 KK, 2522 jiwa,” ujarnya.

Ronald menjelaskan, pemukiman yang terkena banjir, yakni 100 rumah di Jalan Karya Jaya Gang Eka Murni dan Gang Ekawali Pribadi, Lingkungan 5 dan 11, Kelurahan Gedung Johor.

“Ketinggian air lebih kurang 80-100 cm (variabel) di rumah warga. Beberapa warga masih bertahan di rumah masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, 182 rumah di Jalan Letjend Suprapto, Lingk 3 & 4, Kelurahan Aur, Kecamatan Medan Maimun. Ketinggian air sekitar 100 hingga 129 cm.

Banjir juga merendam 145 rumah di Jalan Brigjend Katamso Gg. Merdeka & Gg. Bidan, Lingkungan 7, 8 & 9, Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun. Ketinggian air sekitar 30 – 50 cm.

BPBD Medan melakukan pemantauan dan pendataan di lokasi banjir. Mempersiapkan peralatan evakuasi untuk masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Mempersiapkan peralatan dan bantuan terkait penanganan tanggap bencana banjir,” katanya.

Hingga pagi air yang menggenangi rumah warga sudah mulai surut dan sudah mulai membersihkan rumah masing-masing.

Cuaca Hujan

BMKG Medan memperkirakan kondisi cuaca di wilayah Sumatera Utara (Sumut) pada, Jumat (11/11/2021) hari ini masih berpeluang diguyur hujan lebat.

“Siang hari berpotensi hujan ringan di wilayah Langkat, Asahan, Labusel , Labura, Paluta, Palas, Humbahas, Taput, Tapteng, Madina, Pakpak Bharat, Dairi, Karo dan sekitarnya,” kata Prakirawan BMKG Medan Lestari I Purba.

Kemudian sore hingga malam hari, berpotensi hujan ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut.

“Peringatan dini, waspada potensi hujan dengan intensitas lebat di pegunungan, di lereng timur, dan pantai timur Sumatera Utara,” tandasnya.

 

Sumber : Suara.com

Editor    : Spy

News Feed