oleh

Densus 88 Amankan Lagi 7 Terduga Teroris di Makassar

Makassar, mitrabhayangkara.com – Tim Densus 88 dibantu personel dari Polda Sulawesi Selatan (Sulsel), mengamankan kembali tujuh terduga teroris di Kota Makassar. Mereka diduga masuk dalam kelompok Jemaah Ansharut Daulah (JAD).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E Zulpan mengatakan, tujuh orang yang diamankan ini diduga masih ada kaitannya dengan pasangan bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar.

“Tujuh orang ini berasal dari wilayah Panakkukang, Rappocini, dan Manggala. Mereka diamankan pada Minggu, 25 April,” kata Kombes Pol E Zulphan di Kota Makassar, Sulsel, Senin (26/4/2021).

Adapun yang diamankan masing-masing berinisial S (28), HM (39), R (27), RD (21), RH (44), M (39) dan DGL (51). Zulpan mengatakan umumnya mereka merupakan warga Kecamatan Manggala yang bekerja sebagai pegawai swasta.

“Barang bukti yang diamankan yakni ponsel masing-masing terduga pelaku. Ada benda-benda lain belum bisa kita ekspose. Karena masih dalam rangka pengembangan dan penyelidikan lebih lanjut,” ujarnya.

Dia menyebut, ketujuhnya diduga terlibat dan mengetahui aksi bom bunuh diri yang dilakukan pasangan suami istri, L dan YSF. Kendati begitu, dia belum merinci keterlibatan mereka.

Sementara ini, ketujuh terduga teroris ini masih berstatus terperiksa sesuai Undang-Undang Terorisme. Kewenangan proses hukumnya ada di tangan penyidik Densus 88. “Nanti kalau sudah selesai pemeriksaan akan disampaikan,” katanya. Pemeriksaan kata Zulpan memakan waktu 21 hari.

Pengembangan dibutuhkan untuk mendalami kelompok terduga teroris yang diyakini berafiliasi dengan ISIS. “Karena tidak menutup kemungkinan ada pelaku lain lagi, akan kita kembangkan dari keterangan tujuh orang ini,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

 

 

News Feed