oleh

Ditembak saat Kabur, Pelaku Pencurian Rumah Mewah di Medan Menangis Kesakitan

Medan, mitrabhayangkara.com – Tim Jatanras Polrestabes Medan menangkap tiga pelaku pencurian rumah mewah. Ketiganya terpaksa ditembak karena berusaha kabur saat akan ditangkap.

Kanit Jatanras Polrestabes Medan Iptu Ardian mengatakan, ketiga pelaku yakni Liem Cen Kiat, Samsuri dan Rivai Nasution alias Ade. Ketiganya warga Medan, Sumatera Utara (Sumut).

“Kami tindak tegas para pelaku akrena berusaha kabur saat akan ditangkap,” kata Ardian, Jumat (2/10/2020).

Dari pantauan di rumah sakit, salah satu pelaku bernama Liem Cen Kiat menangis kesakitan saat ditangani tim medis. Sementara kedua pelaku lainnya tampak meringis kesakitan saat diturunkan dari dalam mobil. Mereka terpincang-pincang saat masuk ke IGD rumah sakit.

Ardian menambahkan, dari hasil pemeriksaan, pelaku merupakan pencuri kambuhan spesialis bongkar rumah yang baru keluar dari penjara.

“Dalam menjalan aksinya para pelaku mengincar rumah yang ditinggal pergi penghuninya,” katanya.

Tak tanggung-tanggung, kata Ardian, saat beraksi, para pelaku menggondol seluruh harta benda milik korban. Akibatnya apra korban merugi mulai dari Rp500 juta hingga Rp 1 miliar.

“Dari cacatan kepolisian, para pelaku ini sudah lima kali beraksi di wilayah Medan,” katanya.

Salah satu aksinya sempat terekam kamera CCTV. Dalam rekaman itu, tampak para pelaku dengan mudahnya bisa membongkar pintu rumah yang terbuat dari besi. Saat itu, mereka berkasi di kawasan Medan Baru.

Selain meringkus ketiga pelaku, kata Ardian, tim juga melakukan pengembangan. Hasilnya, mengamankan sejumlah barang bukti berupa barang berharga milik korban seperti jam tangan seharga ratusan juta. Ada juga senjata tajam yang digunakan pelaku saat beraksi.

“Serta satu unit mobil yang sebagai tranportasi para pelaku saat beraksi,” katanya.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman di atas lima tahun penjara.

“Kami masih mengejar tiga pelaku lain yang identitasnya telah diketahui,” kata Ardian.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

News Feed