oleh

DPRD Samosir Terima Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019

Samosir, mitrabhayangkara.com – DPRD Samosir menggelar rapat paripurna, membabahs pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, di Gedung DPRD setempat, komplek Perkantoran Parbaba Samosir, Senin – Selasa (29-30 Juni 2020).

Rapat paripurna tersebut, dipimpin Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, Wakil Ketua Nasib Simbolon, dan dihadiri Bupati Samosir, Drs. Rapidin Simbolon, MM, Sekdakab, Jabiat Sagala, Forkopimda, Anggota DPRD Samosir, pimpinan OPD, Camat, LSM dan insan pers.

Rapat paripurna ini, merupakan kelanjutan dari rapat sebelumnya yaitu penyampaian Nota Pengantar Bupati Samosir atas Ranperda Pertanggungjawaban APBD T.A 2019, yang kemudian dibahas oleh Badan Anggaran DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Samosir, bersama seluruh pimpinan dan jajaran OPD, selama tiga hari, di ruang pertemuan Hotel Gorat, Kecamatan Palipi, pada tanggal 23 hingga 25 Juni 2020, lalu.

Setelah resmi dibuka Ketua DPRD, rapat paripurna diawali dengan pembacaan Laporan Badan Anggaran DPRD, tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD T.A 2019, oleh Anggota DPRD, Parluhutan Samosir, S.P, M.Si.

Badan Anggaran tidak lagi membahas mengenai angka-angka karena angka tersebut sudah merupakan angka tetap, sebagai laporan keuangan Pemkab Samosir T.A 2019 yang sudah diperiksa BPK RI perwakilan Sumatera Utara.

Ada 6 (enam) point yang menjadi hasil pembahasan badan anggaran, sebagai saran atau masukan bagi Pemkab Samosir, dalam pengelolaan keuangan daerah yang lebih baik di masa yang akan datang dan dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Samosir.

Antara lain, mengoptimalkan pelaksanaan intensifikasi dan ekstensifikasi dalam merealisasikan pendapatan asli daerah, melakukan evaluasi terhadap Nilai Jual Objek Pajak (NJOP), baik di perkotaan maupun pedesaan, melakukan validasi data penduduk miskin secara objektif dan menyeluruh, menyelesaikan masalah piutang daerah sesuai dengan prosedur dan regulasi yang berlaku, serta membina hubungan sinergitas dan meningkatkan keharmonisan antara legislatif dan eksekutif.

Rapat paripurna dilanjutkan dengan agenda nota jawaban Bupati Samosir atas tanggapan  fraksi.

Dalam kesempatan ini, Bupati Samosir memberikan jawaban dan penjelasan terkait beberapa pertanyaan dan masukan yang diberikan, sekaligus memberikan apresiasi atas semua saran dan kritik yang konstruktif, demi perbaikan tata kelola pemerintahan, pada masa yang akan datang.

Setelah melalui beberapa mekanisme rapat dan pandangan akhir fraksi atas Ranperda Samosir, akhirnya DPRD menerima dan menyetujui ranperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Samosir T.A 2019 untuk dijadikan peraturan daerah.

Bupati Samosir apresiasi dan berterimakasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD atas kritik dan masukan yang diberikan.

“Semua masukan pada tanggapan perorangan dan pandangan akhir fraksi telah kami simak dan telaah serta menjadi masukan yang berharga bagi kami untuk meningkatkan tata kelola pemerintahan, dan menjadi referensi serta panduan dalam merumuskan kebijakan publik dan pengambilan keputusan, serta menjadi pedoman teknis pada lingkup eksekutif dalam implementasi berbagai kegiatan untuk tahun yang akan datang,”ucap Bupati.

 

Penulis : Jan S

Editor   : Spy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed