oleh

DPRD Sumut Desak Investigasi terkait Avanza Terjun ke Danau Toba dari KMP Ihan Batak

Medan, mitrabhayangkara.com – Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Baskami Ginting meminta seluruh pihak terkait untuk melakukan investigasi terkait jatuhnya mobil Toyota Avanza dari atas KMP Ihan Batak, di Pelabuhan Ambarita, Kecamatan Simanindo, Samosir, Senin (31/5/2021) kemarin.

Kejadian tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Baskami menegaskan peristiwa tersebut akan diusut tuntas terlebih kejadian tersebut menelan korban jiwa. Hasil investigasi nantinya akan menunjukkan kejadian tersebut disebabkan kelalaian pihak pengelola atau disebabkan faktor lainnya.

Baskami mengatakan, tragedi itu tidak bisa dianggap remeh, karena keselamatan merupakan unsur utama dalam pelayanan transportasi danau. Khusus di Danau toba yang juga merupakan ikon pariwisata.

“Semua pihak terkait transportasi air di Danau Toba harus dicek ulang kelayakan operasionalnya. Pengelola agar tidak lalai dalam melalukan pemeriksaan kelayakan kapal, baik saat akan berangkat maupun yang tiba di pelabuhan, agar kejadian serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari,” kata Baskami, Selasa (1/6/2021)

Sebelumnya, Polda Sumut dan Polres Samosir akan menyelidiki terkait jatuhnya satu unit mobil Toyota Avanza ke Danau Toba dari KMP Ihan Batak, Senin (31/5/2021).

Akibat insiden tersebut, satu orang penumpang mobil tewas dan tiga orang lainnya mengalami luka-luka.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan saat ini pihaknya sudah meminta keterangan sejumlah saksi yang melihat langsung insiden jatuhnya mobil tersebut.

Selain itu, petugas juga sudah mengumpulkan barang bukti dan dokumen KMP Ihan Batak.  “Kapal dan mobil tersebut dijadikan barang bukti, serta kita mengumpulkan dokumen kapal tersebut,” ucapnya.

Hadi mengatakan dalam kejadian tersebut tiga orang penumpang mobil bernama Zulkarnain Tanjung (76), Farida (72), dan Neiny Safrina (33) berhasil dievakuasi petugas. Sementara satu penumpang lain Desy Marizdayani (32) meninggal dunia dikarenakan tidak dapat keluar dari dalam mobil.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

News Feed