oleh

Edy Rahmayadi Pantau Kesiapan Kepulauan Nias Cegah Penyebaran Covid-19

Medan, mitrabhayangkara.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memantau kesiapan pemerintah daerah se-Kepulauan Nias untuk mencegah penyebaran virus corona, Senin (13/4/2020). Gubernur juga bertemu dengan forum kepala daerah (forkada) dan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) di kantor Wali Kota Gunungsitoli.

Tiba di Bandara Binaka Gunungsitoli, Edy Rahmayadi memantau sejumlah fasilitas di antaranya Bandara Binaka, Pelabuhan Laut Gunungsitoli, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gunungsitoli, dan Posko atau Sekretariat Gugus Tugas COVID-19.

“Intinya kedatangan gubernur melihat persiapan pemerintah daerah untuk memastikan kesiapan pemkab dan pemkot se-Kepulauan Nias dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Gunungsitoli, Onahia Telaumbanua, di Gunungsitoli.

Kedatangan gubernur juga menjadi momentum penting bupati dan wali kota se-Kepulauan Nias dan para tokoh. Mereka dapat menyampaikan berbagai langkah yang sudah dilaksanakan terkait dengan penanganan virus corona jenis baru itu di daerah setempat.

Selain itu, mereka menyampaikan berbagai kendala, antara lain terkait dengan kondisi RSUD Gunungsitoli yang perlu dipersiapkan, termasuk tenaga dokter dan ruang isolasi.

Diketahui, pasien yang terinfeksi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) hingga Senin (13/4/2020) berjumlah 96 orang.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan dalam telekonferensi mengatakan, pasien yang diketahui positif corona dengan metode PCR sebanyak 72 orang dan dengan rapid test sebanyak 24 orang.

Sementara jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 berjumlah 105 orang, berkurang dari data sebelumnya 145 orang. Pasien yang dinyatakan sembuh 10 orang sedangkan yang meninggal dunia sembilan orang.

Sejauh ini, penyebaran PDP Covid-19 paling banyak ditemukan di Kota Medan sebanyak 51 orang. Kemudian disusul di Kabupaten Simalungun tercatat sebanyak 20 orang dan selanjutnya di Kabupaten Deliserdang sebanyak 10 orang. Data dari situs Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut hingga 11 April 2020, tidak ada pasien positif corona ditemukan di Kepulauan Nias.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed