oleh

Forkopimca Garoga Adakan Rakor Tata Cara Pesta Adat di Masa Pandemi Covid – 19

Taput, mitrabhayangkara.com – Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), adakan rapat koordinasi (Rakor), tentang pelaksanaan tata cara pesta adat dalam pencegahan penyebaran Covid -19, di balai pertemuan kantor Camat Garoga, Senin (23/11/2020).

Kegiatan tersebut, dipimpin langsung oleh Camat Garoga, Mitsu Gultom SH  dan dihadiri Polsek Garoga yang diwakili Kanit Binmas, Aiptu I. Saragi, Danramil Garoga, Kepala Puskesmas Garoga, 13 Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Garoga dan juga tokoh adat.

Dalam pertemuan itu, Camat Garoga, Mitsu Gultom,  menyampaikan surat edaran Bupati Tapanuli Utara, No.430/3754/4-1.07.11/11/2020, tentang tata cara pelaksanaan pesta adat di Kabupaten Tapanuli Utara.

Adapun yang dibahas waktu pesta adat agar selesai pukul 15.00 WIB, dam juga harus mematuhi prokes, memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Juga pendatang dari luar Kabupaten Tapanuli Utara yang datang ke pesta adat harus menunjukkan surat keterangan tidak terkonfirmasi Covid – 19.

“Di masa tanggap pandemi Covid -19, semua pengelola pesta adat harus mematuhi anjuran pemerintah tentang prokes Covid-19,”kata Mitsu Gultom.

Selain itu, Camat Garoga juga menjelaskan, bahwa semua Kades, dan tokoh adat harus berperan aktif dalam  pencegahan penyebaran Covid – 19, di wilayah masing-masing.

Sementara itu, Kapolsek Garoga, AKP Joko Sutanto, melalui Kanit Binmas, AIPTU Irwanto Saragi, yang dikonfirmasi di sela – sela rapat mengatakan, perlunya kerjasama yang baik dari pihak pemerintah, dan masyarakat dalam melaksanakan protokoler kesehatan, demi pencegahan penyebaran virus corona.

“Dalam hal pelaksanaan acara pesta adat agar masyarakat mematuhi anjuran pemerintah. Mari bekerjasama agar kita terhindar dari Covid – 19, “sebut AIPTU Irwantu Saragi.

 

Penulis : Partanda S

Editor   : Spy

News Feed