oleh

Gempa Bumi Hari Ini Guncang Kabupaten Karo dan Madina, Berpusat di Darat

Medan, mitrabhayangkara.com – Gempa bumi hari ini mengguncang dua wilayah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), yakni di Kabupaten Karo dan Mandailing Natal (Madina), Rabu (25/11/2020).

Gempa pertama terjadi di Karo dan disusul Madina dan sama-sama berpusat di darat. Informasi dari Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan, gempa bumi pertama terjadi di Kabupaten Karo pada pukul 06.08.01 WIB dengan Magnitudo 2,2.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,22 Lintang Utara (LU) dan 98,52 Bujur Timur (BT). Lokasinya sekitar 12 kilometer (km) dari arah Timur Laut Kabupaten Karo pada kedalaman 5 km.

“Gempa bumi di Karo termasuk gempa bumi dangkal yang disebabkan pergeseran sesar lokal,” kata BBMKG Wilayah I Medan dalam siaran persnya.

Sementara gempa bumi kedua terjadi di Kabupaten Madina pada pukul 07.56 WIB dengan magnitudo 3,7.

Episenter gempa terletak pada koordinat 0,63 LU dan 99,56 BT. Lokasinya tepat 26 km Barat Daya Kabupaten Madina dengan kedalaman 107 km.

“Gempa bumi ini termasuk menengah yang disebabkan aktivitas subduksi lempeng,” kata BBMKG. Kedua gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Karo dan Madina tersebut terjadi di darat. Namun, gempa itu tidak menimbulkan kerusakan.

 

Sumber : iNews.id

Editor     : spy

 

News Feed