oleh

Ini Tujuan Bupati Pakpak Bharat Kunjungi Kemenko Marves

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara.com – Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor, mengunjungi Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI, pada Rabu  (30/11/2022).

Kunjungan tersebut membahas tindak lanjut pengerjaan kawasan Lumbung Pangan Baru (Food Estate) yang saat ini tengah dikerjakan di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu.

Pada kunjungan tersebut, Bupati didampingi  Kepala Dinas PUTR & Perhubungan, Maringan Bancin ST MT, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Haryson F Sirumapea dan Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Adei Johan Banurea SP MP yang diterima Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Dr Nani Hendiarti.

Dalam pertemuan tersebut, Bupati menguraikan progres pengerjaan dan pengembangan kawasan lumbung pangan baru (food estate) di Kecamatan Sitellu Tali Urang Julu, Kabupaten Pakpak Bharat yang saat ini tengah dikerjakan.

“Untuk tahap pertama, lima puluh hektare sudah kami kerjakan, kami kerahkan beberapa alat berat dan traktor guna mengkonversi lahan tersebut dan rencananya awal Januari tahun depan sudah  dilakukan penanaman perdana,” jelas Bupati.

Menanggapi paparan Bupati tersebut, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Dr Nani Hendiarti mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung sepenuhnya program pengembangan food estate ini.

“Jadi nanti pak, di tanggal 13 Desember, kita akan lakukan ekspos bersama, di hadapan bapak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Silahkan bapak persiapkan saja bahannya, ini tentunya sebuah kemajuan bagus bagi kita dan terimakasih bapak-bapak semua di daerah atas dukungannya bagi kami,” ujar Nani Hendiarti.

Food Estate (Lumbung Pangan Baru) saat ini tengah dikembangkan diberbagai daerah termasuk Kabupaten Pakpak Bharat.

Program ketahanan pangan ini diharapkan mampu menjamin ketahanan pangan Nasional, dan ini sejalan dengan cita dan asa Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor yang mengharapkan Pakpak Bharat segera mampu dan mandiri secara pangan.

“Kita ingin Pakpak Bharat mampu mandiri dan berdaulat secara pangan, kita tidak ingin masyarakat Pakpak Bharat lapar karena kekurangan pangan,” ujar Bupati.

 

(db)

News Feed