oleh

Jokowi: Rata-Rata Harga Minyak Goreng Turun sampai Rp17.200

Jakarta, mitrabhayangkara.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah terjadi penurunan harga rata-rata minyak goreng curah secara nasional.

Tentu ini menjadi kabar baik bagi para Bunda tak terkecuali pedagang makanan.

“Terdapat penurunan harga rata-rata minyak goreng secara nasional pada bulan April sebelum larangan ekspor, harga rata-rata nasional minyak goreng curah berkisar Rp19.800. Setelah adanya larangan ekspor, harga rata-rata nasional turun jadi Rp17.200 sampai Rp17.600,” ujar Presiden Jokowi dalam konpers, Kamis (19/5/2022).

Orang nomor satu di Indonesia itu menuturkan, harga tersebut dia dapatkan dari hasil pemantauan dan laporan di lapangan.

Namun, dalam paparannya, Presiden Jokowi tidak menyebut bahwa harga minyak goreng curah itu dalam satuan kilogram atau liter.

Lebih lanjut Presiden Jokowi menyampaikan, terkait pasokan setelah pemerintah menetapkan kebijakan larangan ekspor.

Di mana pasokan minyak goreng curah terus bercucuran.

“Alhamdulillah pasokan terus bertambah. Kebutuhan nasional untuk minyak goreng curah adalah sebesar 194 ribu ton per bulannya dan pada Maret 2022 sebelum pelarangan ekspor, pasokan kita hanya mencapai 64,5 ribu ton. Namun setelah dilakukan larangan ekspor di April pasokan mencapai 211 ribu ton per bulan melebihi kebutuhan nasional bulanan kita,” terangnya.

Atas dasar itulah pemerintah mencabut larangan ekspor minyak goreng dan CPO yang berlaku sejak Kamis 28 April 2022 yang lalu.

Sehingga, Presiden Jokowi akhirnya memutuskan membuka kembali ekspor CPO pada 23 Mei 2022 pekan depan.

 

Sumber : Okezone.com

Editor    : spy

News Feed