oleh

Kapolri Minta Jajaran Polri Solid Dukung Komjen Sigit

Jakarta, mitrabhayangkara.com – Kapolri Jenderal Idham Azis meminta agar anggota Polri solid mendukung Komjen Listyo Sigit Prabowo yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon Kapolri tunggal. Idham mengatakan, dukungan diperlukan agar soliditas dan kebersamaan di Korps Bhayangkara tetap terjaga.

“Kemarin Bapak Presiden sudah resmi menunjuk calon Kapolri bapak Komisaris Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo. Kita semua harus memberikan kontribusi-kontribusi untuk membangun soliditas dan kebersamaan,” kata Idham di sela-sela peresmian gedung baru Divisi Humas Polri, Kamis (14/1/2021).

Idham juga meminta agar jajarannya dapat mendampingi Komjen Listyo selama proses fit and proper test atau uji kelayakan dan berlangsung di DPR. Uji kelayakan itu rencananya akan dilaksanakan pekan depan.

“Kita harus sama-sama mendukung beliau. Kita sama-sama mengantar rangkaian prosesi kegiatan sejak nanti fit and proper test yang dilaksanakan pekan depan sampai beliau dilantik,” ujarnya.

Idham menuturkan ditunjuknya Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri tunggal merupakan hak prerogratif Presiden Jokowi. Idham yakin presiden sudah sangat mempertimbangkan berbagai aspek sehingga memilih Komjen Listyo sebagai penggantinya.

“Apapun yang sudah ditentukan oleh Bapak Presiden itu lah hak prerogratif Bapak Presiden dengan segala macam pertimbangan,” imbuhnya.

Untuk diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Komjen Listyo akan menjalani fit and proper test calon Kapolri di DPR pada Senin pekan depan.

Istana berharap DPR bisa memproses secara cepat Komjen Listyo Sigit sebagai pengganti Jenderal Idham Azis, yang akan pensiun pada akhir Januari 2020.

Disetornya nama Komjen Listyo Sigit Prabowo disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1). Surat presiden untuk calon Kapolri dikirimkan ke DPR hari ini langsung oleh Mensesneg Pratikno.

“Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri,” ujar Puan di gedung DPR siang (13/1) kemarin.

 

Sumber : detik.com

Editor    : spy

News Feed