oleh

Ketika Bobby Memanggil Akrab Rivalnya Akhyar dengan “Uda” di Debat Pilkada Medan

Medan, mitrabhayangkara.com – Ada yang menarik saat debat publik perdana Pilkada Kota Medan yang digelar Sabtu (7/11/2020).

Calon Wali Kota Medan Nomor Urut 2, Muhammad Bobby Afif Nasution yang juga menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkali-kali menyebut dan memanggil rivalnya Calon Wali Kota Medan Nomor Urut 1, Akhyar Nasution dengan panggilan uda.

Diketahui, Bobby dan Akhyar sama-sama dari suku Mandailing dan memiliki marga yang sama, Nasution. Tidak heran jika Bobby memanggil Akhyar dengan panggilan hormat sekaligus terdengar akrab, uda. Uda dalam bahasa Batak, baik Mandailing dan Toba artinya adik ayah.

Panggilan ini tidak harus ditujukan kepada adik kandung ayah, tetapi siapa pun laki-laki dengan marga yang sama bagi orang suku Batak.

Secara sederhana, panggilan uda ditujukan kepada laki-laki bermarga sama dengan orang Batak dan usianya lebih muda dari ayah yang bersangkutan. Itu artinya, saat Bobby memanggil Akhyar sebagai uda, dia tidak hanya memberikan penghormatan kepada Akhyar sebagai orang Batak yang tidak lupa dengan hubungan kekerabatannya dengan Akhyar.

Di sisi lain, uda menjadi panggilan yang akrab bagi seorang anak kepada laki-laki yang merupakan adik ayahnya.

Panggilan uda ini pertama kali disebutkan Bobby saat diminta moderator menyebutkan visi misinya. Bobby dan pasangannya Aulia mendapat kesempatan kedua menyampaikannya setelah Akhyar-Salman.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua. Syalom, om swastiastu namo buddhaya, salam kebijakan. Yang terhormat penyelenggara pemilu KPU, Bawaslu Kota Medan, Yang terhormat pasangan calon nomor urut 1, uda saya, Uda Akhyar Nasution,” kata Bobby.

Dalam sesi debat publik perdana Pilkada Medan, Bobby juga beberapa kali menyebut Akhyar dengan kata uda. Termasuk ketika dia mendapat pertanyatan dari Akhyar mengenai bagaimana penerapan Undang-Undang Otonomi Daerah dikaitkan dengan penerapan regulasi-regulasi dalam politik anggaran.

“Hubungan antarpusat dan daerah, dalam suasana Undang-Undang Omnibus Law ini yang berkaitan dengan Undang-Undang Otonomi Daerah, bagaimana penerapannya,” tanya Akhyar saat sesi saling bertanya di Debat Publik Perdana Pilkada Medan 2020 yang disiarkan iNews secara nasional.

Bobby menjawab pertanyaan Akhyar dengan terlebih dulu menyampaikan salamnya. “Terima kasih uda dan Pak Salman,” ujarnya.

Dalam sesi lainnya juga Bobby Nasution memanggil Akhyar Nasution dengan panggilan yang sama.

Diketahui, debat publik perdana Pilkada Kota Medan digelar KPU Medan di Medan, Sabtu (7/11/2020). Acara ini disiarkan di iNews secara nasional. Dalam debat ini, kedua paslon menyampaikan visi misinya dan diminta memaparkan program-program mereka terkait sejumlah topik, termasuk meningkatkan perekonomian masyarakat di saat pandemi Covid-19, mengatasi pengangguran, dan kejahatan.

Dua paslon ini juga tampil dengan gaya masing-masing saat debat publik perdana Pilkada Medan, Sabtu (7/11/2020).

Paslon nomor urut 2, Muhammad Bobby Afif Nasution – Aulia Rachman tampil kasual dengan jaket denim sedangkan paslon nomor urut 1 Akhyar Nasution – Salman Alfarisi memilih mengenakan kemeja putih dan penutup kepala serta kain adat tradisional Karo.

Sejumlah pertanyaan untuk materi debat ini telah disusun lima panelis dari kalangan akademisi dan profesiona. Kelimanya yakni Dekan Fakultas Ushuludin dan Studi Islam UIN Sumut Prof Katimin, Dekan FKM USU Prof Ida Yustina, Wakil Rektor III UMSU DR Rudianto, akademisi USU DR Hatta Ridho dan Wakil Dekan III Fisip USU DR Hendra Harahap.

Plh Ketuas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Zefrizal sebelumnya mengatakan, ada enam segmen dalam debat perdana yang mengangkat tema kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah. Segmen pertama dimulai dari pembukaan, penyampaian visi misi masing-masing paslon, lalu debat hingga pada penutup.

“Selain tema utama ada tema khusus debat tentang penanganan dan penanggulangan Covid-19 serta narkotika,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

 

News Feed