oleh

Kodim 0426/Tulang Bawang Ikut Lestarikan Silat Tradisional, Ini Penjelasan Dandim

Tulang Bawang, mitrabhayangkara.com – Banyak cara yang dilakukan Kodim 0426/Tulang Bawang, dibawah pimpinan Dandim, Letkol Inf Kohir untuk menjalin komunikasi sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Salah satunya, pagelaran pencak silat atau silat tradisional, dengan tema “Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif,”, Minggu (8/3/2020), di Lapangan Sepak Bola Kampung Panca Karsa Purna Jaya, Kecamatan Banjar Baru, Kabupaten Tulang Bawang.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 120 orang, dan dihadiri langsung oleh Dandim 0426/Tulang  Bawang, Letkol Inf Kohir, serta Camat Banjar Baru,  Sutikno.

Dandim mengatakan, melalui acara ini, pihaknya ingin menyampaikan, bahwa beladiri pencak silat sebagai salah satu wujud melestarikan budaya bangsa.

“Bahkan dengan pencak silat menjadi salah satu alat pempersatu Nusantara dan menjadi identitas bangsa yang sudah dipertandingan di skala Internasional. Kodim 0426/TB sebagai fungsi utama dari pembinaan teritorial dalam aplikasinya, yaitu melaksanakan koordinasi dengan Pemda, KONI dan perguruan pencak silat dalam rangka pembinaan beladiri pencak silat tradisional yang ada di wilayah Kodim 0426/Tulang Bawang dan sekaligus mengupayakan memajukan dan melestarikan budaya bangsa,”papar Dandim.

Aparat komando kewilayahan,  lanjut Dandim,  dapat berperan serta mendorong semangat dalam melestarikan budaya beladiri silat tradisional dengan sasaran, yaitu terbentuknya jalinan kerjasama yang baik, antara TNI AD, khusunya prajurit Kodim 0426/Tulang Bawang, di kalangan perkumpulan beladiri silat tradisional yang ada di wilayah.

“Sehingga terwujudnya pemahaman yang sama terhadap setiap isu yang berkembang antara Apkowil dan perkumpulan perguruan silat. Sehingga terwujudnya kemanunggalan TNI- rakyat, serta dapat berperan aktif dalam memelihara stabilitas di wilayah, dihadapkan dengan situasi yang berkembang saat ini,” imbuhnya.

 

Penulis : Jun

Editor   : Spy

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed