oleh

Libatkan TNI, Satpol PP dan Dishub, Polres Kuansing Gelar Patroli Skala Besar

Kuantan Singingi, mitrabhayangkara.com – Kapolres Kuansing, AKBP Rendra  Oktha Dinata, SIK M.Si, pimpin apel konsolidasi  dalam rangka giat patroli berskala besar,  edukasi prokes Covid – 19, pemberlakuan pembatasan giat masyarakat dan penyekatan sesuai PPKM Level 2 oleh TNI – Polri,  Dishub dan Satpol PP Kuansing, Sabtu (25/9/2021), pukul 21.00 WIB, di halaman Mapolsek Kuantan Tengah.

Apel tersebut diikuti Kabag Ops Polres Kuansing, Kompol Erde Dianto, SH, Kasat Lantas Polres Kuansing, AKP Rocky Junasmi,SIK. MH, Kasat Sabhara Polres Kuansing, AKP Hajjarul Aswadiman, Kasatpol PP Kuansing,  Erdiansyah, S.Sos. M.Si, para Kasatfung Polres Kuansing, para Perwira Polres dan Polsek Kuantan Tengah, Kabid Opsdal Satpol PP, Santi Evi  Dimeti, SH, Sekretaris Satpol PP  Kuansing, Drs. Jevrian, MSi, personil gabungan Polres dan  Polsek Kuantan Tengah sebanyak 33 personil, 4 orang personil TNI, 19 personil Sat Pol PP dan 2 personil Dishub.

Kabag Ops Polres Kuansing, Kompol Erde Dianto, menyampaikan, bahwa pelaksanaan giat ptraroli gabungan dan penyekatan itu dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut arahan Presiden &  Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 44 tahun 2021 tentang pemberlakuan PPKM berbagai level baik level 3, level 2 & level 1 dalam rangka penanganan dan pencegahan penyebaran pandemi Covid – 19.

Pelaksanaan giat Patroli dan penyekatan tersebut sesuai dengan Instruksi Gubernur Riau Nomor 168 / INS / HK. 2021, dan Surat Edaran Bupati Kuansing Nomor : 100 / Setda-TPK / 1110 tahun 2021.

Memberikan edukasi kepada masyarakat, pedagang maupun pembeli dengan baik dan ramah.

Memberikan tindakan  secara humanis kepada pengunjung maupun masyarakat serta hindari tindakan yang kontra produktif dilapangan.

Di samping itu, kata Kabag Ops, saat ini memang terjadi penurunan terhadap kasus Covid – 19, dan keberhasilan ini berkat kerja keras kita semua.

Dan dengan keberhasilan ini, jangan membuat masyarakat terlena, sehingga akan membuat masyarakat kendor dalam menerapkan prokes, katanya.

PPKM Level 3 dan Level 2, pada dasarnya tidak  ada perbedaan, namun yang membedakan yaitu dimulainya kegiatan belajar tatap muka dan peningkatan kapasitas dari 25 % menjadi 50 %, katanya.

Lokasi yang menjadi sasaran patroli, yakni titik – titik lokasi keramaian pengunjung seperti, Taman Jalur Teluk Kuantan, tepian Narosa Teluk Kuantan, kedai atok ijuk Teluk Kuantan, kedai Minas Kiray Teluk Kuantan, kafe Copicovi Teluk Kuantan, Minas Mak Itam Teluk Kuantan, minas Pakcik Teluk Kuantan. Teras kopi Caghonti Teluk Kuantan, Cafe Bujang Sungai Jering,  KOA cofe Teluk Kuantan,  Ayubi kopi Teluk Kuantan,  Bram cafe Ceberlin Kari.

Sedangkan lokasi penyekatan dilakukan di  Simpang Tugu Pelajar, Simpang Desa Sawah, dan Simpang Bank Mandiri.

Bentuk tindakan yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyekatan arus lalu lintas yang akan masuk menuju Taman Jalur Kuantan Singingi. Himbauan pembatasan aktifitas di luar rumah mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Kepada pemilik warung makan juga diingatkan agar tidak melayani pembeli untuk makan / minum ditempat dari pukul 21.00 WIB hingga pukul 00.00 WIB.

Dan bila ada masyarakat yang belanja agar belanjaannya dibungkus dan dibawa pulang ke rumahnya (take away).

Pada giat malam itu, ditemukan pembeli atau pengunjung yang tidak memakai masker atau melanggar prokes Covid -19 sebanyak 45 orang pada 11 tempat usaha yang dikunjungi.

 

Penulis : Rel/M.Saragih

Editor   : Spy

News Feed