oleh

Longsor Jalan Nasional Sumut-Aceh, Ini Kata Kepala BPBD Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara.com – Bencana alam tanah longsor dan pohon tumbang kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pakpak Bharat.

Hujan deras yang berkepanjangan menyebabkan tanah longsor di Desa Sukarame, Kecamatan Kerajaan.

Masyarakat di sekitar mengatakan, bahwa tanah longsor yang menutup badan jalan Nasional penghubung Sumut-Aceh ini terjadi pada Minggu (20/11/2022), sekitar pukul 11.00 WIB.

Selain tanah longsor beberapa pohon tumbang juga melintang dibahu jalan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang ST M.Si yang mendapat laporan, langsung bertindak karena pihak BPBD sudah terbiasa dengan situasi kedaruratan seperti ini dan langsung  mengerahkan alat berat guna mempercepat penanganan longsor serta menormalisasi jalan vital tersebut.

Sementara itu, Kapolres Pakpak Bharat, AKBP Rocky H Marpaung yang mengetahui adanya bencana alam ini turut memobilisasi jajarannya, membantu menormalisasi jalan serta mengatur arus lalu lintas.

“Saat ini kami berada di lokasi titik longsor, tepatnya di titik Km 162-163, kami menghimbau kepada masyarakat pengguna jalan untuk tetap mentaati peraturan, tetap antri. Sementara longsor ini sedang kami tangani bersama BPBD Pakpak Bharat, teman-teman TNI, dari Tagana, serta seluruh masyarakat yang membantu kami. Dan untuk sementara, longsor bisa kita tangani dan kita pergunakan satu jalur dan kita berharap upaya penanganan dapat segera selesai,” kata Kapolres di lokasi kejadian.

Hampir enam jam, Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat bersama masyarakat, TNI/Polri berupaya keras membersihkan material longsoran di badan jalan Nasional Sumut-Aceh di Desa Sukarame, Kecamatan Kerajaan.

Longsor yang terjadi akibat hujan deras ini sempat memutus akses jalan penghubung Sumut-Aceh ini selama beberapa jam.

Hingga menjelang malam, tim BPBD bersama masyarakat, TNI/Polri serta Tagana masih berupaya membersihkan material longsoran.

Untuk sementara diberlakukan skema buka tutup dan saat kejadian longsor tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala BPBD Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang ST M.Si, menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap bencana longsor dan pohon tumbang mengingat kondisi geografis Kabupaten Pakpak Bharat yang dinilai rentan terhadap bencana alam.

 

Penulis : db

Editor   : spy

News Feed