oleh

Lukaku Cetak Dua Gol, Belgia Gilas Rusia 3-0

Jakarta, mitrabhayangkara.com – Dwigol yang dikemas Romelu Lukaku mengantarkan tim nasional Belgia membungkam tuan rumah Rusia 3-0 dalam laga pertama kedua tim di Grup B Euro 2020 di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Sabtu waktu setempat atau Minggu (13/6/2021) dini hari WIB.

Dua gol itu membuat Lukaku melanjutkan tren kesuburannya dengan torehan 20 gol dalam 15 penampilan terakhir untuk Belgia.

Sementara satu gol lain Belgia dicetak oleh Thomas Meunier yang masuk lapangan menggantikan Timothy Castagne di babak pertama, demikian catatan laman resmi UEFA.

Belgia yang merupakan tim nomor satu menurut peringkat FIFA hingga saat ini, membuktikan status mereka sebagai unggulan turnamen lewat penampilan dominan sejak sepak mula hingga peluit akhir kontra Rusia.

Belum genap 10 menit pertandingan berjalan, Lukaku sudah membuka keunggulan Belgia lewat sepakan akuratnya memanfaatkan bola liar di dalam kotak penalti tuan rumah.

Lukaku sebetulnya sudah berada dalam posisi offside ketika Dries Mertens melepaskan umpan lambung, tetapi upaya gagal Andrey Semenov menghalau bola membuat penyerang Inter itu dinyatakan aman dari posisi offside saat mencetak golnya.

Belgia nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-22, sayang tembakan Thorgan Hazard dari sudut sempit masih bisa dihalau oleh kiper Anton Shunin.

Pada menit ke-27, Roberto Martinez dipaksa menggunakan slot pergantian pemain pertama mereka setelah Castagne tampak mengalami cedera benturan kepala dan memasukkan Meunier.

Baru tujuh menit di lapangan, Meunier langsung memberikan kontribusinya dengan menyambar bola muntah hasil antisipasi tak sempurna Shunin atas umpan silang Hazard.

Dengan gol itu, laman UEFA mencatat Meunier sebagai pemain pertama yang masuk sebagai pemain pengganti dan mencetak gol di babak pertama sebuah pertandingan Euro.

Keunggulan Belgia bertahan hingga turun minum dan Rusia berusaha memasuki babak kedua dengan intensitas menyerang yang lebih tinggi, sayang upaya mereka tak kunjung mampu menembus pertahanan tamunya.

Alih-alih mencetak gol balasan, gawang Rusia kebobolan lagi dua menit jelang bubaran waktu normal ketika Lukaku mampu mengejar umpan kiriman Meunier dan menyelesaikannya dengan tenang untuk melengkapi kemenangan Belgia jadi 3-0.

Lukaku melakukan selebrasi golnya itu dengan memberikan gestur persembahan untuk rekannya di Inter Milan, Christian Eriksen, yang beberapa jam sebelumnya mengalami kolaps dalam pertandingan Grup B lainnya antara Denmark kontra Finlandia di Kopenhagen.

Belgia selanjutnya akan terbang ke Kopenhagen untuk menghadapi Denmark pada Rabu (16/6), ketika Rusia menjamu Finlandia di Saint Petersburg lagi.

 

Sumber : Suara.com

Editor    : Spy

News Feed