oleh

Marinir Datangi Bawaslu, Keberatan soal Video Kampanye Salah Satu Paslon di Medan

Medan, mitrabhayangkara.com – Sejumlah prajurit Marinir dari Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan mendatangi Kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan. Mereka menyampaikan keberatan atas video kampanye pasangan calon (paslon) nomor urut 1 Pilkada Medan 2020.

Dalam video yang dimaksud, menampilkan visual gambar prajurit Marinir TNI AL menggendong calon wali kota nomor urut 1 Akhyar Nasution saat berada di Medan Utara. Momentum itu terjadi saat Akhyar menjabat Plt Wali Kota Medan dan kemudian dijadikan konten kampanye.

Keberatan ini disampaikan Komandan Batalyon (Danyon) Marinir Pertahanan Pangkalan (Marhanlan) Lantamal I Belawan Letkol Marinir Farick. Namun, dia tak berbicara lebih jauh perihal keberatan kesatuannya saat diwawancarai awak media.

“Ke Bawaslu saja ya,” ucapnya sembari berlalu, Rabu (21/10/2020).

Ketua Bawaslu Medan Payung Harahap mengatakan, kedatangan Letkol Mar Farick dan prajurit Marinir ke Bawaslu Medan dalam kaitan menyampaikan keberatan.

“Mereka keberatan ada video seorang Marinir yang menggendong calon nomor urut 1. Mereka mau membuat laporan, tapi tak bisa kami proses karena mereka tidak punya hak membuat laporan,” kata Payung, Rabu (21/10/2020).

Dia menjelaskan, sesuai ketentuan, yang diperbolehkan membuat laporan ke Bawaslu yakni warga negara Indonesia yang punya hak pilih. Sementara TNI tidak punya hak pilih.

Kendati demikian, bukan berarti laporan mereka ditolak. Informasi keberatan itu tetap ditindaklanjuti.

“Kami limpahkan ke pihak terkait, dalam hal ini ke tim paslon nomor urut 1,” ujarnya.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

News Feed