oleh

Masyarakat Desa Koto Gunung Tidak Terima Pj Kades 3 Tahun Lebih

Kuansing, mitrabhayangkara.com – Masyarakat Desa Koto Gunung, Kecamatan Gunung Toar, Kabupaten Kuansing, tidak terima kehadiran Pj Kades.

Pasalnya, Pejabat Kepala Desa tersebut ditugaskan selama 3  tahun lebih.

Warga setempat, berinisial Sp (30) dan Pt 34 kepada wartawan, Rabu (20/1/2021) mengatakan, warga benar-benar trauma dengan sikap Pj Kades yang sebelumnya dan begitu juga dengan warga desa tetangga.n

“Nah, kemarin masih satu tahun, apalagi ini bakalan tiga tahun. Alasannya karena yang PJ Kades itu rata-rata dari PNS Kabupaten. Artinya, jika kami sebagai masyarakat ada kepentingan seperti butuh penandatanganan surat atau meminta surat keterangan, maka kami harus ke Kabupaten. Itupun belum pasti bisa ketemu. Dan yang paling menjengkelkan, ditelpon tidak diangkat. Kadang dirijek dan bahkan dinonaktifkan Hp-nya. Jadi hal ini kami yang merasakan bang,”pungkas warga saat dikonfirmasi.

Menurut warga, seharusnya Pemkab Kuansing mengajukan Pilkades serentak.

Sebab ada 44 Desa yang habis masa jabatannya, di pertengahan tahun 2020, ungkap mereka.

Dan hal ini adalah merupakan suatu peraturan dari Kemendes, Permendagri dan Kemenhumkam. Dimana peraturan masing-masing, tidak membenarkan Pj Kades sampai 3 tahun lebih, ungkap warga lagi.

 

Penulis : Rizky

Editor   : Spy

News Feed