oleh

Operasi Bibir Sumbing dan Sunat Massal Gratis di Pakpak Bharat, Ini Kata Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara.com – Satuan tugas bakti kesehatan bermartabat yang dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Utara, mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat guna memberikan layanan kesehatan, pada Jumat (22/10/2021).

Tim Satgas dipimpin Ketua Satgas Bakti Kesehatan Bermartabat (BKB), Brigjen TNI (Purn) dr. Hary Yusmanadi.

Program ini digagas oleh Gubernur Sumatera Utara,  Edy Rahmayadi yang  sebenarnya bukanlah merupakan hal baru. Dan sudah merupakan komitmen  Gubernur untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sumatera utara yang membutuhkan.

Atas dasar ini untuk membentuk satuan tugas guna memudahkan dan  menjangkau masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan di empat puluh empat sasaran di Sumatera Utara dan membawa Mobil Operasi Lapangan (MOL) yang dilengkapi dengan fasilitas operasi, laboratorium dan beberapa perlatan penunjang lainnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Salak dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Puluhan pasien yang akan mengikuti dan menerima program layanan diantaranya operasi bibir sumbing, sunat massal dan operasi katarak.

“Hari ini mudah-mudahan tercapai target yang  direncanakan, ada empat pasien yang akan dilakukan operasi bibir sumbing, enam puluh empat anak akan mengikuti sunat massal, dan empat puluh orang tua akan mengikuti operasi mata katarak, disamping itu juga akan dibagikan kacamata secara cuma-cuma kepada bapak dan ibu para lansia,” kata dr Hary Yusmanadi.

Sementara itu, Irawati Padang, warga Desa Kuta Babo, Kecamatan Tinada yang turut mengantar  anaknya untuk dilakukan operasi bibir sumbing, merasa sangat beruntung dan cukup senang dengan adanya program ini.

“Lias ate mbue mo mendahi Pemerintah terkhusus mendahi karina petugas siroh i Medan nai, asa sehat-sehat mo kene Karina pertua nami marang idike pe kidalanken tugas sehat bak keluarga ndene bagi mendahi bapak Gubernur si nggo kipikirken kami masyarakatna, bagi mendahi Pemerintah Pakpak Bharat sioda mrlejja-lejja kibantu kami masyarakat na, asa sehat-sehat mo Bapak Bupati bagi ma dekket ibu Ketua PKK nami,” kata Irawati dengan dialek bahasa Pakpak.

Ketua TP PKK Pakpak Bharat, Ny. Juniatry Franc Bernhard Tumanggor  mangungkapkan rasa syukur dengan adannya program Bakti Kesehatan Bermartabat ini.

“Terimakasih kami ucapkan  kepada segenap Tim Satgas atas terselenggaranya program ini, kami sangat berharap kiranya program ini dapat terlaksana secara berkesinambungan serta berkembang lebih besar lagi kiranya program ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu berbuat baik dan tolong menolong kepada sesama sehingga menjadi manfaat bagi masyarakat serta mengurangi beban saudara-saudara kita,” kata Ny. Juniatry dalam sambutannya.

“Selamat kepada anak-anak kami yang akan dioperasi hari ini, nantinya bisa tersenyum manis dan optimis untuk menggapai cita-citanya, menatap masa depan yang indah tetap semangat dan kuat serta  jangan takut untuk dioperasi, operasinya ditangani oleh dokter dan tenaga medis yang sangat ahli dan sudah berpengalaman,”sambung Ny. Juniatry.

Kepala Dinas Kesehatan Pakpak Bharat, dr. Thomas MM berpesan agar masyarakat yang dioperasi hari ini rutin memeriksakan kondisi kesehatan pasca operasi sampai dinyatakan betul-betul sembuh.

Disamping itu, dia juga berharap agar seluruh masyarakat Pakpak Bharat tetap mematuhi protokol kesehatan.

 

Penulis : db

Editor   : spy

 

News Feed