oleh

Pemkab Pakpak Bharat Lakukan Penanganan Jalan Penghubung yang Terputus Akibat Longsor

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara – Bencana longsor akibat hujan deras yang berkepanjangan, beberapa hari terakhir, mengakibatkan jalan Nasional penghubung Sumatera Utara – Aceh, terputus total, di Dusun Cibancer Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe.

Jalan longsor ini terjadi  pada Senin (26/09/2022), pada pukul 16.00 WIB.

Terkait peristiwa ini, Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat, Augusman Harapan Padang ST M.Si langsung melakukan penanganan jalan longsor tersebut yakni melakukan upaya penanganan kedaruratan guna memulihkan jalan penghubung yang terputus tersebut.

Mendapatkan informasi dari Camat dan Kepala Desa terkait adanya bencana ini, Kepala BPBD melapor kepada Bupati perihal kejadian dimaksud dan Bupati memerintahkan untuk melakukan upaya penanganan darurat.

Kami langsung mengirim tim diantaranya Kepala Bidang PDL untuk segera membantu penanganan,  mengerahkan alat berat dan peralatan lain yang kita punya dalam upaya tanggap darurat, ujar Augusman Padang ST M.Si.

Augusman Padang juga menjelaskan beberapa upaya yang dilakukan di lapangan diantaranya mencari serta menormalisasi jalan alternatif untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Tim bersama Pihak Kecamatan dan Desa telah juga menemukan jalan alternatif dan juga melakukan upaya normalisasi dengan menggunakan alat berat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pakpak Bharat.

“Saat ini jalur alternatif  sudah bisa dilalui walau kendaraan masih dengan kecepatan rendah dan merayap, kami mohon kepada seluruh masyarakat agar kiranya bersabar, kami sedang mengupayakan beberapa penanganan terbaik,” kata Agusman.

Pemkab Pakpak Bharat juga telah berkoordinasi dengan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional di Medan sejak awal musibah jalan terputus dan dari BBPJN telah mengirimkan tim serta peralatan penanganan darurat.

Tim dari BBPJN juga telah membawa beberapa boks culvert untuk nantinya akan segera dipasang dilokasi jalan yang amblas menunggu perbaikan secara permanen.

Pantauan dilokasi, terlihat tim gabungan BPBD, TNI/Polri, Dinas PUTR HUB, personil Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, dibantu masyarakat Desa Kaban Tengah terus berjibaku mengatasi musibah longsor tersebut dan melakukan upaya normalisasi dan pemasangan boks culvert oleh pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional, serta normalisasi jalan dan jalan Nasional tersebut sudah mulai dapat dilalui Kendaraan dengan menggunakan skema buka tutup.

Para petugas dari Kepolisian dan TNI dibantu oleh petugas Dinas Dinas PUTR dan Perhubungan Pakpak Bharat terlihat mengatur kendaraan yang akan menuju Aceh dan sebaliknya.

“Kami juga telah memberikan himbauan dan peringatan dini kepada masyarakat agar bersabar dan tim akan tetap dilapangan membantu penanganan, ini sesuai petunjuk Bapak bupati agar selalu mengupayakan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam segala situasi dan kondisi, terutama dalam kondisi kedaruratan seperti ini,” ujar Agusman.

Dihimbau kepada masyarakat agar berhati-hati, dimana daerah ini memang tergolong rawan bencana longsor.

 

Penulis : db

Editor   : spy

News Feed