oleh

Pemprov NTB Mulai Salurkan 28.760 Dosis Vaksin Covid-19 ke Seluruh Kabupaten Kota

Mataram, mitrabhayangkara.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) segera menyalurkan 28.760 dosis vaksin Covid-19 ke seluruh kabupaten kota.

Penyaluran dilakukan secara bertahap agar kualitas vaksin tetap terjaga.

Kepala Dinas Kesehatan NTB Nurhandini Eka Dewi mengatakan, pemerintah mempertimbangkan kuota tampung fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) yang tersedia di kabupaten kota.

Fasyankes ini akan menjadi lokasi penampungan vaksin, baik di rumah sakit daerah, puskesmas dan gudang farmasi.

Hasil pendataan secara keseluruhan, gudang farmasi di setiap kabupaten kota di NTB hanya mampu menampung kuota vaksin Covid-19 sebanyak 5.305.

Kemudian untuk 175 puskesmas yang tersebar kuota tampungnya mencapai 6.700 vaksin Covid-19. “Jadi nanti setiap Puskesmas harus memiliki satu tempat penyimpanan vaksin,” ujarnya di Kota Mataram, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, vaksin yang ditampung di fasyankes kabupaten kota akan mendapat perlakuan yang sama seperti di provinsi.

Begitu juga dengan menerapkan pola pengamanan ketat yang dilakukan personel TNI dan juga dari kepolisian.

“Tempat penyimpanannya akan dipantau, TNI-Polri juga membantu. Ada juga pengawasan dari tenaga kesehatan yang memastikan lokasi penyimpanan tetap steril,” katanya.

Untuk penyaluran hari pertama, vaksin Covid-19 didistribusikan ke wilayah Lombok Barat dan Kota Mataram. Vaksin yang disalurkan sesuai dengan kebutuhan jumlah tenaga kesehatan di dua kabupaten tersebut.

 

Sumber : iNews.id

Editor  : spy

News Feed