oleh

Perhelatan Pilkades Serentak di Pakpak Bharat Dijadwalkan 7 Desember 2021

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara.com – Tahapan Pilkades serentak di Pakpak Bharat akan berlanjut, pasca tertunda selama dua bulan akibat pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, penundaan Pilkades serentak tersebut sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri RI no.141/4251/SJ yang ditindak lanjuti dengan surat Bupati Pakpak Bharat no.140/2236/1215.301.6/VIII/2021 tentang penundaan Pilkades serentak.

Untuk Kabupaten Pakpak Bharat, pada tahun 2021 ini, ada 31 desa yang dijadwalkan mengikuti Pilkades serentak dan satu desa kemungkinan akan tertunda   mengikuti Pilkades serentak yakni Desa Kuta Babo, Kecamatan Tinada dikarenakan satu bakal calonnya meninggal dunia dan di rencanakan akan mengikuti Pilkades serentak pada gelombang berikutnya.

Menurut Camat Sitellu Tali Urang Julu Ucok Benget Berutu, STP mengatakan, untuk kecamatan STTU-JULU dari lima desa hanya satu desa yang ikut Pilkades serentak yakni Desa Silimakuta Singgabur.

“Dari setiap tahapan Pilkades semua berjalan sebagaimana mestinya yang di amanatkan oleh undang-undang dan sampai hari ini, Rabu (13/10/2021) saat tahapan cabut nomor urut berjalan aman dan lancar dan tetap mengedepankan anjuran pemerintah yaitu protokol kesehatan dan pada penyampaian visi misi, besok, pada tanggal 14 Oktober 2021 disepakati cuma tiga orang per dusun per calon kepala desa yang diperbolehkan mengikuti acara tersebut bang,” kata Camat.

Asli Berutu, salah seorang anggota BPD Desa Silimakuta Singgabur saat diminta tanggapannya terkait Pilkades serentak kali ini, berharap agar para bakal calon kepala desa taat hukum dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar hukum dan menerima apa hasil dari Pilkades tersebut dan ikuti anjuran pemerintah yakni protokol kesehatan.

Pada acara cabut nomor urut tahapan Pilkades Silimakuta Singgabur, Kecamatan STTU-JULU, nomor urut 1 diperoleh Jonson Berutu dan pada nomor urut 2 diperoleh Saktimon Berutu.

 

Penulis : Lam Berutu

Editor   : Spy

 

News Feed