oleh

PNS Joget Sambil Tenggak Miras di Humbahas Disanksi Peringatan, Ini Alasannya

Humba Hasundutan, mitrabhayangkara.com – Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara, Tonny Sihombing, mengatakan pihaknya telah memberikan sanksi kepada PNS yang viral berjoget sambil menenggak miras. Dia mengatakan PNS itu diberikan sanksi peringatan.

“Kita sudah beri peringatan kepada OPD terkait,” kata Tonny melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (15/1/2022).

Tonny mengatakan sanksi tetap diberikan meski tidak ada pesta miras yang dilakukan saat peristiwa itu. Tonny berharap peristiwa ini tidak terjadi lagi.

“Harapan kita kepada OPD yang bersangkutan atau di OPD lingkungan Pemkab Humbahas tidak terjadi video atau perbuatan abdi negara yang merusak citra ASN,” tuturnya.

Alasan Hanya Disanksi Peringatan

Tonny Sihombing memberikan alasan hanya memberi sanksi terhadap PNS wanita tersebut. Dia mengatakan tidak ada PNS yang menenggak miras dalam video itu.

“Kita bersama pejabat teras Pemkab Humbahas sudah melakukan klarifikasi terhadap OPD yang bersangkutan. Dalam klarifikasi itu, pada video viral tidak ada pesta miras. Hanya hiburan spontanitas memperagakan penari sempoyongan dalam pengaruh miras,” ujarnya.

Video itu disebut diambil saat perayaan ulang tahun Kepala Dinas Kesehatan Humbahas, Hasudungan Silaban, pada Selasa (14/12/2021) yang lalu. Video itu direkam dan disebarkan ke grup WhatsApp milik Tata Usaha Dinas Kesehatan Humbahas.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Humbahas, Hasudungan Silaban. Dia menyebut botol yang dipegang PNS itu kosong dan hanya koleksi miliknya.

“Rumah kediaman kita adalah parsaktian (tempat persinggahan saudara dari rantau). Jadi kalau saudara pulang dari rantau, terkadang bawa minuman. Karena botol kemasannya unik, sehingga kita buat pajangan. Jadi tidak ada pesta miras dalam video tersebut,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, video aksi PNS wanita berseragam di Humbahas sedang berjoget sambil menenggak miras viral. Aksi PNS ini pun mendapatkan kritik dari sejumlah pihak.

Dilihat detikcom, Kamis (13/1), di dalam video terlihat seorang wanita menggunakan seragam PNS berjoget di sebuah ruangan. Wanita itu dikelilingi oleh rekan-rekannya yang juga menggunakan seragam PNS.

Kemudian terlihat ada yang memberikan miras dalam botol kepada wanita itu. Ada juga yang memberikan kursi sehingga wanita itu berjoget di atas kursi sambil memegang botol miras.

“Pesta ultah Kadis Kesehatan Humbahas di rumah dengan minuman gunakan baju dinas,” demikian narasi dalam video.

Aksi PNS wanita itu pun mendapatkan kritik dari DPRD Humbahas. DPRD mengatakan hal itu tidak selayaknya dilakukan PNS.

“Kalau itu, apalagi dia dari dinas kesehatan kurang suka juga kita. Artinya PNS itu sudah menyalahi aturan, apalagi dia pakai baju dinas. Menyalahi aturan lah,” kata Ketua F-Golkar DPRD Humbahas, Bantu Tambunan.

 

Sumber : detik.com

Editor   : spy

News Feed