oleh

Pupuk Terlambat Disalurkan di Desa Aornakan I, Ini Alasannya

Pakpak Bharat, mitrabhayangkara.com – Penyaluran pupuk untuk masyarakat yang bersumber dari Dana Desa ( DD ) tahun 2020, di Desa Aornakan I, terlambat disalurkan dan baru  terlaksana pada Rabu (6/1/2021).

Everlina Marpaung, sebagai pendamping kecamatan ( PDTI Kecamatan PGGS Pakpak Bharat ) mengatakan,  ada istimewa penyaluran Dana Desa tahun 2020, yakni, jatuh tempo pelaporannya selambat – lambatnya sampai dengan tanggal 31 Januari 2021.

Saat dikonfirmasi, Kepala Desa (Kades) Aornakan I, Raden Saleh Manik SPd.I, Rabu (6/1/2021), mengatakan, keterlambatan penyaluran pupuk kepada masyarakat, disebabkan terlambatnya penyaluran dana dari pusat  (Kementerian Desa).

“Di masyarakat kami berikan pemahaman terlambatnya penyaluran pupuk tersebut,” jelas Kades.

Kades juga menjelaskan, bahwa ada surat edaran dari Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa  PDT & Transmigrasi RI nomor 55/PRI.00/XII/2020 tanggal 28/12/2020.

Salah satu poin dari surat edaran tersebut, yakni, memfasilitasi Pemerintah Desa agar Dana Desa tahun anggaran 2020 yang masih terdapat di rekening kas desa, wajib digunakan untuk membiayai BLT DD dan sisanya untuk melanjutkan kegiatan Padat Karya Tunai Desa ( PKTD ) yang telah dianggarkan pada APBDes tahun 2020, selambat – lambatnya bulan Januari 2021.

 

Penulis : db

Editor   : spy

 

News Feed