oleh

Salurkan Bantuan Beras, Pihak Kantor Pos Indrapura Diduga Langgar Prokes

Batu Bara, mitrabhayangkara.com – Seperti inilah kondisi saat warga berdesakan dan tidak menjaga jarak, saat pembagian bantuan beras PPKM Tahun 2021, di depan kantor Pos Cabang Indrapura.

Warga rela berdesakan dan bahkan membawa anak yang masih balita demi mendapatkan bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19, Rabu (28/7/2021)

Terlihat tidak ada petugas yang berupaya mengatur dan mengingatkan warga untuk menaati protokol kesehatan.

Pihak Pos Indrapura Kecamatan Air Putih diduga tidak mendistribusikan langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari pintu ke pintu.

Pasalnya, sejak pagi hari, halaman kantor Pos Indrapura telah dipenuhi warga yang akan mengambil beras dari Pemerintah tersebut.

Menyikapi hal itu, salah satu tokoh pemuda di Kecamatan Air Putih, Hambali Sitompul, mengatakan, bahwa penyaluran beras itu harusnya ‘dor to dor’.

Hambali Sitompul.

“Apa yang dilakukan pihak Pos Cabang Indrapura, kami duga terjadi pelanggaran prokes. Sebab sesuai juknis, semestinya transporter yang telah ditunjuk dengan mekanisme Penunjukan Langsung (PL) oleh Perum Bulog Kisaran, mendistrubusikan beras dor to dor kepada KPM agar tidak terjadi kerumunan,” ungkap Hambali.

Hambali juga meminta pihak Satgas Covid segera menindak Pimpinan Pos Cabang Indrapura dan meminta penegak hukum untuk memeriksa dugaan penyalahgunaan anggaran pendistributsian beras tersebut.

Dan saat dikonfirmasi, penanggung jawab penyaluran beras PPKM 2021, Kuswanto, melalui whatsapp, membenarkan, bahwa penitipan beras dilakukan di kantor pos terdekat.

“Untuk penitipan beras memang dilakukan di kantor pos terdekat,”ungkap Kuswanto.

Dia juga mengatakan, bahwa untuk pembagian beras dapat dilakukan di komunitas maupun di kantor pos, sesuai kesepakatan kantor pos penyalur dengan aparat pemerintah setempat.

Dan saat ditanya, apakah penyaluran bantuan tersebut sudah sesuai mekanisme? Kuswanto tidak menjawab.

 

Penulis : Bambang Novianto

Editor   : Spy

News Feed