oleh

Satres Narkoba Polres Kuansing Ungkap Pelaku Penyalahgunaan Narkotika, 2 Tertangkap dan 2 lagi DPO

Kuansing, mitrabhayangkara.com – Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Kuansing, mengamankan 2 (dua) orang  laki-laki yang berinisial JP als J (38), dan TW als C (28), dari Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), yang diduga melakukan penyalahgunaan Narkotika jenis shabu-shabu, pada Senin (15/08/2022) sore lalu, sekira pukul 16.00 WIB.

Kepada wartawan, Kapolres Kuansing, AKBP Rendra  Oktha Dinata, S.I.K., M.Si., melalui Plh Kasat Narkoba, IPDA Iwan Siagian, S.H., M.H., dalam keterangan  resminya menyampaikan, bahwa pihaknya mendapat informasi dari masyarakat, bahwa di Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi, sering terjadi peredaran gelap Narkotika jenis shabu.

Dari hasil penyelidikan dan pengungkapan, sekira pukul 16.00 WIB, Tim Opsnal berhasil melakukan penangkapan terhadap 2 orang laki-laki inisial JP als J, di depan Bengkel dan TW als C dari dalam rumahnya, di Desa Muara Langsat, Kecamatan Sentajo Raya, ungkap IPDA Iwan.

Lanjutnya, hasil penangkapan JP als J, ditemukan barang bukti berupa 1 (satu) perangkat alat hisap shabu atau bong dan kaca pirex.

Dan dari keterangannya, ia menerima shabu dari TW als C. Lalu, dilakukan pengejaran, dan sekira pukul 16.30 WIB, petugas berhasil menangkap TW als C, di depan sebuah rumah Desa Muara Langsat.

Juga diamankan barang bukti berupa 1 (satu) paket narkotika jenis shabu didalam dompet dalam rumah TW als C.

Berdasarkan hasil interogasi, TW als C  mengakui, bahwa ia memperoleh narkotika jenis shabu tersebut dari inisial “I” (DPO).

“Kemudian Tim opsnal melakukan pencarian terhadap I (DPO) yang mana TW als C juga mengakui, bahwa sebelum dilakukan penangkapan, ia telah memesan narkotika jenis shabu sebanyak 1 (satu) kantong senilai Rp.5.000.000 (lima juta rupiah) akan tetapi baru ditransfer sebanyak Rp2.000.000 (dua juta rupiah). Kemudian pada saat pengembangan terhadap I (DPO) yaitu sekira pukul 20.00 WIB, di Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singingi Hililr Kuansing, akan dilakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang laki-laki atas nama inisial R (DPO), suruhan I (DPO) namun ia berhasil melarikan diri, dan meninggalkan 2 (dua) paket narkotika jenis shabu yang telah dipesan terlebih dahulu oleh TW als C. Narkotika jenis shabu tersebut diakui oleh TW als C adalah benar miliknya yang telah ia pesan. Selanjutnya tersangka beserta barang bukti yang didapat dibawa ke Polres Kuansing untuk diperiksa lebih lanjut,”beber IPDA Iwan.

Sedangkan untuk barang bukti yang ikut diamankan dari tersangka  JP als J dan TW als C adalah ; 1 (satu) perangkat alat isap shabu atau bong, 1 (satu) bungkus plastik berisikan plastik klip bening, 1 (satu) buah kaca pirex, 2 (dua) buah mancis, 1 (satu) buah dompet warna cokelat, 1 (satu) unit handphone merek oppo warna biru, 1 (satu) buah timbangan warna silver, 1 (satu) buah timbangan warna hitam, 3 (tiga) paket plastik klip bening berisikan butiran kristal diduga narkotika jenis shabu berat kotor 5.18 ( lima koma delapan belas ) gram, 1 (satu) bungkus plastik berisikan plastik klip bening dan 1 (satu) buah dompet warna kuning, ungkap IPDA Iwan.

“Terhadap pelaku JP als J dan TW als C akan disangkakan Pasal 114 ayat (1) jo 112 ayat (1) UU RI No 35 tahu 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara, ” tutup IPDA Iwan dalam keterangannya.

 

(rel)

News Feed