oleh

Serahkan Nama Calon Kapolri ke Presiden, Mahfud MD: Semuanya Bintang 3

Jakarta, mitrabhayangkara.com – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan atau Menko Polhukam Mahfud MD telah menyerahkan nama-nama untuk calon Kapolri kepada Presiden Joko Widodo. Ia menyebut nama calon yang diberikannya itu berpangkat jenderal bintang tiga.

Mahfud membenarkan kabar awal tersebut yang disampaikan Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto. Penyerahan itu dilakukan Mahfud agar nantinya Jokowi bisa memilih mana calon Kapolri yang tepat untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

“Benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bahwa selaku Ketua Kompolnas saya sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR,” kata Mahfud melalui akun Twitternya @mohmahfudmd pada Jumat (8/1/2021).

Mahfud tidak memberikan kisi-kisi secara detail terkait nama calon Kapolri yang diserahkannya kepada Jokowi. Hanya saja ia menyebut pangkat dari calon-calon tersebut.

“Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis telah mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Permohonan tersebut disampaikan Idham menjelang masa pensiunnya pada awal Februari tahun ini.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan hal tersebut. Menurut Argo, surat permohonan itu diajukan Idham kepada Jokowi melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Selasa (5/1) kemarin.

“Ya karena mau memasuki pensiun,” kata Argo saat dikonfirmasi, Rabu (6/1).

Kendati begitu, Argo memastikan bahwa Idham tidak mengajukan nama calon Kapolri pengganti dirinya kepada presiden. Melainkan hanya mengajukan surat permohonan penunjukan penggantinya menjelang masa pensiun.

“Pak Idham tidak ngajukan nama,” katanya.

Duet Gatot-Listyo

Kekinian disebut-sebut telah muncul gagasan penggantian satu paket Kapolri dan Wakapolri dari lingkungan Istana Kepresidenan di akhir masa jabatan Idham Azis. Komjen Pol Gatot Eddy dan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo ialah dua nama yang digagas bakal mengisi jabatan Kapolri dan Wakapolri.

Hal itu diungkapkan oleh Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane. Dia menyebut gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan itu mendorong Gatot yang kini menjabat sebagai Wakapolri naik menggantikan Idham Azis. Sedangkan, Listyo yang kekinian menjabat sebagai Kabareskrim Polri naik menggantikan posisi Gatot.

“Dari pantauan IPW gagasan ini semakin serius dibahas kalangan Istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi menjelang penyerahan nama Kapolri baru ke DPR,” kata Neta kepada wartawan, Rabu (6/1).

Sementara itu, Neta menyebut dari kalangan internal Polri justru berharap Presiden Joko Widodo alias Jokowi dapat memilih jenderal senior sebagai Kapolri. Begitu juga untuk posisi Wakapolri diharapkan dipilih dari jenderal senior dan bukan jenderal junior.

“Dengan demikian proses suksesi di Polri berjalan tanpa gejolak dan tanpa keresahan,” beber Neta.

 

Sumber : Suara.com

Editor    : Spy

News Feed