oleh

Sudah Tes Swab, FPI Klaim Habib Rizieq Negatif Corona

Jakarta, mitrabhayangkara.com – Pentolan Front Pembela Islam atau FPI Rizieq Shihab dikabarkan sudah menjalani tes swab Covid-19 pada Minggu (22/11/2020) kemarin. Hasilnya Rizieq diklaim negatif corona.

“Sudah tes swab kemarin, hasilnya negatif Covid,” kata Wakil Sekretaris Umum FPI, Aziz Yanuar saat dikonfirmasi oleh Suara.com melalui pesan singkat, Senin (23/11).

Aziz mengatakan, Rizieq menjalani tes swab PCR secara mandiri dengan tim Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) dan Hilal Merah Indonesia (HILMI). Selain itu, keluarga pemimpin FPI itu pun juga turut mengikuti tes swab dan hasilnya diklaim negatif pula.

“Anak sama menantunya juga negatif,” ujarnya.

Aziz menambahkan, kekinian Rizieq ada di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

Tolak Swab Dari Pemerintah

Sebelumnya diberitakan, petugas gabungan sempat mendatangi rumah Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (21/11/2020) malam. Maksud kedatangan petugas, yakni menyarankan Rizieq agar menjalani tes swab.

Kanit Patroli Polsek Tanah Abang Kompol Margiyono menuturkan pihaknya mendatangi kediaman Rizieq sekira pukul 22.00 WIB. Namun, Rizieq tidak bisa ditemui dengan alasan sedang istirahat.

“Mereka (perwakilan keluarga Rizieq) menyampaikan bahwa kami tidak bisa bertemu langsung dengan Pak Habib,” kata Margiyono kepada wartawan, Sabtu malam.

Margiyono menjelaskan, maksud awal kehadirannya menyambangi kediaman Rizieq yakni untuk mengkonfirmasi kabar bahwa yang bersangkutan sedang sakit. Karena patut diduga dan dikhawatirkan bahwa yang bersangkutan terjangkit Covid-19 pasca menghadiri acara yang mengundang kerumunan.

“Kami sarankan untuk dites swab,” kata dia.

Belakangan, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto menyebut jika Rizieq akan menjalani tes swab sendiri. Hal itu dilakukan pasca Rizieq menolak saran pemerintah untuk melakukan tes swab.

“Iya dia menolak, mereka mau melakukan swab sendiri,” kata Heru di Petamburan, Jakarta Pusat, Minggu (22/11) kemarin.

Heru menjelaskan bahwa Babinkamtibmas dan Babinsa mendatangi kediaman Rizieq pada Sabtu (21/11) malam untuk memastikan informasi yang menyebutkan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. Di sisi lain, kedatangan mereka juga sekaligus menyarankan Rizieq untuk melakukan tes swab.

“Seorang Babinsa dan Babinkamtibmas itu kan mengecek warganya yang sakit dan siapa tau butuh pertolongan. Makanya kita datang ke sana menanyakan,” ujar Heru.

 

Sumber : Suara.com

Editor    : Spy

News Feed