oleh

Sumut Ajukan 8,2 Juta Vaksin Covid-19, Kadis Kesehatan: Satu Orang Dua Dosis

Medan, mitrabhayangkara.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara masih menunggu instruksi lanjutan dari Pemerintah pusat untuk implementasikan proses vaksinasi Covid-19.

Namun diketahui, Sumut telah ajukan alokasi sedikitnya 8,2 juta dosis vaksin.

“Iya untuk Sumut alokasinya 8,2 juta dosis vaksin. Satu orang dua dosis, sudah ada daftar prioritas untuk vaksinasi ini,” ujar Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Senin (30/11/2020).

Menurutnya, Pemprov Sumut terus mematangkan persiapan vaksinasi. Salah satunya dengan menyiapkan tenaga medis yang akan bertugas untuk menjalankan vaksinasi tersebut.

“Jadi total ada 500 tenaga medis yang sudah kami latih. Mereka akan kami sebar 40 sampai 50 orang tiap kabupaten kota,” katanya.

Dengan jumlah dosis 8,2 juta vaksin dan jatah per orang dua, maka jumlah sementara penerima vaksin diawal sebanyak 4,1 juta orang.

“Pembagian prioritas awal tenaga medis, lalu personel TNI-Polri serta petugas yang kerap melayani masyarakat banyak,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov Sumut menargetkan proses vaksinasi dilaksanakan bertahap mulai akhir November 2020.

Namun jadwal melenceng dari rencana semula karena belum ada distribusi vaksin dari pusat.

Bahkan, implementasi vaksinasi sejauh ini belum ada kejelasan. Pemerintah pusat belum bisa menetapkan waktu yang pasti terkait implementasi vaksinasi Covid-19 di indonesia, termasuk di Sumut.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

 

 

News Feed