oleh

Sungai Padang Meluap, 3.222 Rumah Warga Tebingtinggi Terendam Banjir

Tebingtinggi, mitrabhayangkara.com – Ribuan rumah warga Kota Tebingtinggi, Sumatera Utara terendam banjir, Jumat (27/11/2020).

Banjir ini terjadi akibat luapan air Sungai Padang. Informasi diperoleh, banjir kiriman dari hulu sungai di Kabupaten Simalungun ini merendam lima kecamatan dan 13 kelurahan di Tebingtinggi.

Lokasi terparah di Kelurahan Bandar Utama dan Badak Bejuang, Kecamatan Tebingtinggi Kota.

Di lokasi tersebut, sedikitnya 400 rumah terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter atau setinggi dada orang dewasa.

Mulkan Siregar seorang warga yang terdampak banjir mengatakan, air mulai masuk ke pemukiman sejak dini hari. Banjir ini memang kerap terjadi, namun kali ini merupakan yang terparah. Sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah yang diterima warga.

“Tiap tahun begini. Sudah empat kali banjir dalam sebulan ini,” ujar Mulkan.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tebingtinggi Wahid Sitorus mengatakan, banjir akibat meluap Sungai Padang ini merendam 3.000-an rumah warga.

“Ini banjir kiriman dari hulu Sungai Padang. Kami masih proses pendataan, sementara ini ada 3.222 rumah terdampak dengan korban 6.750 jiwa,” ujar Wahid.

Saat ini, Pemkot Tebingtinggi bekerja sama dengan TNI dan polri sudah mendirikan beberapa posko pengungsian. Khususnya untuk warga yang rumahnya terenam air.

 

Sumber : iNews.id

Editor   : spy

 

News Feed