oleh

Tersangka Dalang Demo Ricuh UU Omnibus Law di Batubara Ditangkap Polisi di Aceh

Batubara, mitrabhayangkara.com – Personel gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam Polres Batubara menangkap koordinator aksi demo tolak Undang-Undang Omnibus Law di Kantor DPRD Batubara yang berakhir ricuh. Koordinator aksi demo, Aswan Syahputra (21) ditangkap tim gabungan di lokasi persembunyiannya di Provinsi Aceh.

Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis mengatakan Aswan yang sudah ditetap sebagai tersangka dalang demo anarkis diamankan di salah satu kafe di Jalan Bukit Indah, Blag Pluh, Kecamatan Merah Satu, Kota Lhokseumawe, Aceh, Selasa (20/10/2020). Aswan diamankan sepekan setelah polisi menetapkannya sebagai tersangka dalam demo yang melukai Kasat Sabhara Polres Batubara AKP DP Sinaga.

“Setelah sekitar sepekan lebih dalam pengejaran, akhirnya kita tempat persembunyian tersangka kita di Aceh. Sekarang tersangka sudah diamankan dan diproses di Polres Batu Bara,” ucap Ikhwan, Kamis (22/10/2020).

Tersangka sebagai koordinator aksi menolak Omnibus Law Cipta Kerja yang diikuti sekitar 200-an orang dari berbagai elemen, termasuk buruh, mahasiswa dan pelajar. Kerusahan bermula saat massa meminta anggota DPRD Batubara datang menemui mereka. Karena tidak bertemu, massa kemudian memaksa masuk dengan cara mendobrak pagar DPRD Batubara.

“Ketika itu petugas berusaha menenangkan massa aksi yang saat itu memajukan mobil komando untuk menerobos pagar gedung DPRD dan kemudian peserta aksi melempari pihak kepolisian yang mengamankan jalannya aksi dengan menggunakan batu. Akibat lemparan itu, personel terluka,” ujar Ikhwan.

Dalam kasus itu, Polres Batu Bara menyita barang bukti satu unit alat pengeras suara sound system, tiga unit mobil pick up hitam, satu spanduk pengunjuk rasa menolak Omnibus Law. dua bendera FSB NIKEUBA KSBSI berwarna merah, satu bendera KAMI PARHO KSBSI berwarna putih, dua ikat kepala bertulisan KSBSI dan satu kotak batu yang digunakan untuk melempar.

 

Sumber : iNews.id

Editor    : spy

News Feed